Skip to main content

Waspada Modus Kejahatan Yang mengintai Mu Ketika Travelling.




Kalau kamu adalah orang yang menyukai travelling kamu harus waspada. karena bagaimanapun, jalanan tetaplah tempat yang rawan dan sanggup mencelakakan. Ketika kamu memutuskan untuk pergi traveling, kebanyakan waktumu akan habis di jalan. Nah, dengan begini kamu akan menjadi rentan jadi korban kejahatan. Apalagi ada di tempat baru sebagai orang asing saat tengah malam, aduh bayanginnya aja ngeri. Kamu harus pintar membaca situasi. Lengah sedikit saja, kamu bisa menjadi korban tindak kejahatan. Mari kenali 7 modus kejahatan yang selalu mengintai kamu.

1. Ati-ati pencopet terselubung, entah ketika berada di kendaraan umum atau saat masih di tempat singgah transportasi itu


Bisa dibilang, ini merupakan jenis kejahatan paling banyak dialami oleh para traveler. Copet nggak hanya ada di Indonesia, tapi juga seluruh penjuru dunia, termasuk Eropa dan Amerika. Lebih cerdik dari merobek tas dengan silet, para penjahat ini punya beragam cara mencopet.Pertama, ada yang pura-pura membersihkan kotoran di bahu kamu mungkin. Pas di terminal misalnya, ati-atilah kalau ada orang yang tiba-tiba membersihkan bajumu. Mereka akan bilang kalau ada kotoran burung dan entah apa jenis kotoran lainnya. Lalu, kamu akan mendadak sibuk mencari dimana kotoran tersebut. Di saat yang sama, tangan sang pencopet akan berkelana ke kantong dan mengambil barang-barang berharga. Contoh lain, pencopet bisa jadi menjelma sekelompok anak-anak kecil yang nampak polos. Waspadalah kalau tiba-tiba ada anak kecil yang bergerombol di sekelilingmu. Tangan kecil mereka bisa dengan lincah menelusup ke kantong-kantongmu.
 
2.Waspada dengan orang baru yang terlalu sok akrab 


Kalau yang ini biasanya terjadi pada traveler yang berjalan sendiri di tempat umum, atau pergi sendiri dengan kendaraan umum. Seorang lawan jenis rupawan akan mendekatimu dan berbincang mengenai apapun dengan alur menyenangkan, sehingga kamu jadi lupa diri. Terus berbincang dan semakin menyenangkan, tanpa sadar kamu akan memberikan nomor hape kamu kepadanya.Keesokan harinya dia akan mengajakmu makan di restoran atau kafe sekitar. Sepanjang makan, dia akan menjadi lebih menarik lagi dan membuatmu betah berlama-lama dengannya. Hingga saat menu sudah keluar semua dan makanan nyaris ludes, dia akan ijin ke toilet. Sudah bisa bayangin dong bagaimana kelanjutannya? Dia mendadak hilang dan tak bisa dihubungi, kamu pun ditinggalkan sendirian dengan tagihan makan yang membengkak. Mau begini?
 
3. Jangan percaya dengan polisi gadungan
Satu hal yang mesti kamu camkan wahai traveler yang sibuk ngalor ngidul, nggak selamanya polisi bisa jadi penolong dan pahlawanmu. Maka dari itu, tolong jelilah saat melihat polisi di tempat liburan. Kebanyakan, di banyak tempat wisata ada penjahat yang menyamar menjadi sosok pahlawan satu ini dan memakai atribut polisi.Mereka akan sok-sok’an berpatroli ke sekeliling objek wisata untuk mencari turis yang kira-kira bisa menjadi korban. Sang korban biasanya akan ditanya paspor dan visa, lalu mereka akan berpura-pura melihat berkas tersebut. Selanjutnya, mereka akan mencari kesalahan korban yang berujung harus membayar denda. Ya, logikanya siapa sih yang berani sama bapak polisi? Jadi, pastikan diri kalau kamu tak melakukan kesalahan apapun. Kalaupun dia nampak begitu meyakinkan, ajak mengurus segalanya di kantor polisi terdekat. Kalau asli pasti berani.
 
4. Yang suka pernak-pernik dan aksesoris berbau etnik, mending kamu jangan asal percaya aja kalau harganya selangit
Gelang, kalung, dan segala hal berbau etnik memang menarik dijadikan oleh-oleh atau aksesori di tubuh perempuan. Tapi kalau harganya selangit sih kamu kudu berpikir ulang. Pemerasan yang dilakukan penjual biasanya dilakukan biasanya terjadi di jalan-jalan. Jadi, kamu kudu waspada kalau ada penjual yang bertindak persuasif banget dalam mengajakmu bicara. Apalagi kalau kamu nampak bingung, duh. Dia akan mendekati dan menawarkan memberi tahu arah tujuanmu.
Nah, lalu gini, selagi kamu mendengar arahannya, dia akan menyematkan gelang ke tanganmu. Nanti setelah gelang melingkar sempurna di tanganmu, harga sangat tinggi pun akan diberikan. Kamu mau mencoba melepaskan? Silahkan, karena mereka sekawanan akan berteriak bahwa kamu adalah seorang penipu. Hati-hati dimanapun, di pasar utamanya.
 
5. Nggak semua peminta sumbangan itu orang membutuhkan, yang ada mereka pencari kesempatan. Jangan sampai kamu hilang kesadaran~
Ngasih sedikit sumbangan untuk mereka yang membutuhkan memang suatu kebaikan yang layak dilakukan. Tapi, tolong berlaku awas. Sebab, nggak semua peminta-minta itu benar-benar membutuhkan tetesan dana kamu. Karena ada beberapa peminta sumbangan yang akan mengambil uang kamu tanpa sadar.Orang-orang macam ini akan menghentikanmu di tengah jalan, dan dengan nada yang lembut serta tutur menyenangkan akan mengajakmu berbincang. Lama-lama, dia akan meminta uangmu yang nggak sedikit. Sayangnya, cukup banyak juga wisatawan yang tertipu dengan hal ini. Orang jahat dimana-mana, tolong kamu pahami.
 
6. Ada lagi nih, ketika seseorang meminta bantuan untuk menarik uang di ATM, itu bisa tadi pertanda akan terjadi ‘apa-apa.’
Ketika melihat orang tua yang sedang membutuhkan bantuan, kemungkinan besar kamu akan merasa iba dan kasihan kan? Kamu dengan senang hati pasti akan berbaik hati menolong mereka kan? Tapi, kalau misal mau ke ATM di kota tempatmu traveling dan kamu melihat orang tua yang nampak kebingungan untuk mengambil uang, tolong jangan menawarkan bantuan. Meski mereka sudah meminta bantuan secara baik-baik.Kenapa harus ditolak dan diabaikan? Ada kemungkinan si orang tua itu adalah bagian dari oknum penjahat. Dia atau mereka akan meminta kamu menarik uangnya di ATM agar ada rekaman kalian di CCTV. Setelah menarik uang, dia akan meminta tolong dan meminta kamu membayar ganti rugi. Kalau kamu membantah, rekaman CCTV lah yang akan berbicara. Sebab, disitu terbukti kamu sedang menggunakan ATM dia. Nah lho? Gimana cara menghindarinya? Panggil satpam aja buat jagain kamu.
 
7. Terakhir, siap sedialah jika ada pelajar imut yang ingin belajar bahasa inggris. Jangan pernah tertipu dengan ke-imutan dan segala pesonanya


Penipuan ini biasa terjadi di negara yang mana Bahasa Inggris tidak menjadi bahasa ibu mereka. Kalau kamu berani bepergian ke luar negeri, kamu akan dipandang sebagai seseorang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris cukup memadai. Jadi, jangan heran kalau kamu tiba-tiba akan dihampiri oleh warga lokal yang ingin belajar bahasa Inggris.

Nah, ketika kamu mengajari mereka bahasa Inggris, mereka akan mengajakmu menuju cafe favorit mereka sebagai tanda terima kasih. Tapi, di cafe itu biasanya kamu akan terkejut dengan tagihan yang harus kamu bayarkan. Perjalanan memang mengandung resiko, tapi percayalah semua modus kejahatan itu bisa kamu hindari kok.Masih berani traveling ke antah berantah sendirian? Berani dong. Kamu nggak bakal kenapa-napa, asal kamu waspada dan cermat terhadap beragam modus kejahatan di atas. Itu masih beberapa sih, kalau kamu pernah mengalami sesuatu di perjalanan, bisa kali kamu tulis di kolom komentar. Happy traveling!

Comments

Popular posts from this blog

Hunian Pilihan di Daerah Bogor

Selain apartemen dekat stasiun, Memilih rumah subsidi Bogor merupakan salah satu yang harus dipertimbangkan, mengingat rumah juga merupakan kebutuhan primer yang wajib untuk dipenuhi. Besarnya biaya sewa kontrakan di Jakarta juga harus menjadi pertimbangan untuk beralih menuju rumah subsidi ini. Dengan memperhitungkan biaya dan masalah yang lain, tentu Anda dapat menentukan apakah ingin tetap berada di kontrakan ataukah ingin berpindah menuju rumah subsidi.
Memang sih, rumah subsidi ini berlokasi agak jauh dari pusat Ibu Kota Jakarta, namun untuk masalah transportasi tentu sudah tak perlu di khawatirkan lagi. Sebab beberapa perumahan bersubsidi telah menawarkan akses mudah untuk menuju saran transportasi masal seperti commuter line. Dengan harga cicilan pokok rumah subsidi yang tidak berbeda jauh dari harga sewa kontrakan tentu juga akan menjadi pertimbangan. Apabila Anda tertarik, berikut adalah beberapa perumahan besubsidi yang ada di kota Bogor.
Perumahan Griya Setu Permai
Perumaha…

6 Cara Mudah Mengamankan Handphone Anda Dari Hacker !

Langkah 1: Perbarui versi Android Anda
Penting untuk selalu memperbarui perangkat lunak HP Android Anda. Selain fitur-fitur baru, setiap pembaruan menyertakan perbaikan bug untuk membantu melindungi ponsel Anda.
Pembaruan sistem aplikasi Android
Di menu Pengaturan, masuk ke System - Advanced - Pembaruan sistem ’(atau‘ Tentang ponsel ’pada beberapa perangkat) dan Anda akan melihat status pembaruan Anda, termasuk apakah perangkat lunak Anda mutakhir dan versi baru tersedia untuk diunduh.
Langkah 2: Instal perangkat lunak antivirus
Perangkat lunak keamanan dapat melindungi ponsel Anda dari virus dan malware. Pelanggan broadband BT dapat melindungi ponsel cerdas Android Anda secara gratis dengan BT Virus Protect, yang telah dikembangkan bersama dengan pakar keamanan McAfee.
BT Virus Protect berjalan di latar belakang menjaga ponsel Anda aman. Ini memindai perangkat Anda dari ancaman dan memblokir virus, malware, dan lainnya; mendeteksi dan menghapus randomware dan memperingatkan Anda jika …

Tips Memilih apartemen Murah di Jakarta

Membeli apartemen Murah di Jakarta selatan untuk pekerja di Jakarta yang dekat dengan tempat kerja mungkin memang sebuah hal yang sulit. Tapi hal ini bukanlah tidak mungkin untuk dilakukan. Saat ini kita tetap bisa mencari hunian yang ramah di kantong serta sesuai kebutuhan Anda. Berikut tips yang bisa Anda gunakan:
Cari di pinggiran JakartaAnda bisa membeliapartemen BUMN Jakarta yang berlokasi di pinggiran Jakarta. Tidak ada salahnya membelu apartemen di pinggiran Jakarta, asalkan Anda bisa memastikan bahwa akses ke tempat kerja bisa dilalui dengan mudah. Kini pemerintah DKI tengah menggalakkan program transportasi dari KRL, MRT, hingga LRT. Anda bisa mencari apartemen yang dilintasi akses tersebut. Di Depok, Bekasi, ataupun BSD. Atau Anda juga bisa berburu di wilayah perbatasan Jakarta, seperti di Cipayung ataupun Cakung. Yang terpenting adalah mencari apartemen yang bisa dibeli dengan kredit apartemen rakyat (cicilan). Namun pastikan terlebih dahulu jalan di depan apartemen tersebut …